Selasa, 07 Januari 2020

Inovasi Teknologi Masa Depan

Inovasi Teknologi Masa Depan

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia teknologi semakin pesat, hal tersebut membuat segala aktivitas kini lebih mudah untuk digunakan. Meskipun demikian, masih banyak teknologi yang memerlukan penyempurnaan agar semakin efektif digunakan, oleh karena itu ke depannya diperkirakan akan semakin banyak teknologi canggih yang akan segera bermunculan.


8 Teknologi Masa Depan yang Akan Segera Terwujud

1. Brain Print

Hingga saat ini telah banyak metode pengamanan atau penguncian diperangkat elektronik, mulai dari iris scanner, pattern, fingerprint, face ID, dan lain sebagainya. Namun kedepannya akan ada lagi metode pengamanan yang jauh lebih aman dan efektif, yakni Brain Print atau metode pengamanan menggunkan otak. Metode ini menggunakan gelombang otak sebagai kata sandi, sehingga hampir mustahil dibobol oleh siapapun.

2. Baterai smartphone tahan seumur hidup

Masalah yang paling dikeluhkan oleh para pengguna smartphone adalah daya tahan baterai yang cenderung boros, sangat jarang ada smartphone yang tahan seharian jika digunakan secara intens. Meskipun kini telah ada powerbank dan teknologi fast charging namun nyatanya hal itu tak cukup berpengaruh besar. Namun kini banyak peneliti yang sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan baterai smartphone dapat tahan hingga seumur hidup, meskipun hal itu tidak pasti kapan akan terwujud.

3. Pengiriman paket menggunkan drone

Hal ini tentunya menjadi ancaman serius bagi para kurir pengantar paket, karena pekerjaan mereka terancam digantikan oleh pesawat tanpa awak atau drone. Ide ini dicetuskan oleh Amazon yang telah melakukan uji coba mengirimkan paket pertama mereka menggunakan drone. Mereka mengklaim bahwa pengiriman paket menggunakan drone jauh lebih hemat energi dan mampu membawa paket yang jauh lebih berat.

4. Smartphone Setipis Kertas

Dari kemunculannya hingga saat ini desain smartphone telah banyak mengalami perubahan , mulai dari yang berbentuk tebak hingga kini yang rata-rata ketebalannya tak sampai satu centimeter. Namun kedepannya ketebalan smartphone hanya akan setebal kertas yang fleksibel, hal tersebut bukan mustahil karena berbagai riset tengah dikembangkan untuk mewujudkan hal tersebut.

5. Diagnosa penyakit melalui smartphone

Saat ini, kita perlu pergi ke dokter dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mendiagnosis sebuah penyakit yang bersarang didalam tubuh. Namun kedepannya diagnosis bisa dilakukan hanya dengan bantuan smartphone dan aplikasi, hal tersebut memungkinkan aplikasi smartphone untuk mendiagnosis laykaknya domter dan menyarankan resep sesuai dengan penyakit yang diderita.

6. Pakaian tempur militer layaknya sekuat Iron Man

Meskipun bentuknya tidak terlalu persis seperti Iron Man, namun pakaian tempur ini kekuatannya bisa disandingkan dengan Iron Man. Bahkan pakaian tempur ini juga akan secara otomatis memberi tambahan kekuatan kepada mereka, sehingga kekuatan para prajurit akan berlipat ganda. Pakaian tempur ini disebut dengan TALOS, dan sedang dikembangkan oleh militer AS.

7. Jetpack digunakan sebagai alat transportasi

Hingga kini masih sangat jarang jetpack digunakan dalam berbagai aktivitas, saat ini penggunaan jetpac masih sekedar untuk keperluan film dan lain sebagainya yang bersifat sementara. Namun ke depannya para pakar teknologi berpendapat bahwa beberapa tahun kedepan jetpack akan digunakan sebagai alat transportasi layaknya kendaraan bermotor. Tentunya hal ini layak ditunggu apakah dimasa depan akan banyak orang berterbangan menggunkan jetpack.

8. Pakaian tak perlu dicuci


Jika saat ini pakaian harus dicuci setelah digunakan, maka aktivitas tersebut akan segera hilang berkat hadirnya teknologi nanofiber dan self-cleaning. Kedua teknologi tersebut memungkinkan pakaian yang kamu pakai dapat membersihkan sendiri secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu mencuci dan membersihkan lagi.



0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Popular Posts

Arsip Blog

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

About

Copyright © Teknologi Informasi Kontemporer | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com